Sunday, April 21, 2019

Cara Privasi File Di Laptop Agar Aman Saat Digunakan Teman

Banyak sekali yang mengeluh karena terbukanya aib-aib kita, atau file kita yang harusnya menjadi sangat rahasia malah dicuri oleh orang karena kita meminjamkan laptop kita kepadanya. Dan pada kali ini saya akan post bagaimana cara memprivasi file-file kita agar tidak bisa diakses orang lain.

1. Buat password pada laptop kalian, berikut langkah-langkahnya :

Buka pengaturan> klik tombol windows kemudian pilih pengaturan (setting) dengan klik kanan pada lambang windows pada bar di pojok kiri bawah kemudian klik pengaturan. Pilih Akun(account), kemudian pilih opsi masuk.disana ada sandi kemudian klik ubah(change).Jika kamu menggunakan akun microsoft. windows akan meminta untuk masuk ke akun, terus kamu bisa mengubahnya seperti gambar berikut.




2. Buat akun baru lagi, sebagai akun pengguna (user) atau pengunjung (visitor), dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Masuk ke menu Setting> pilih Family dan Other user> pilih add someone else this pc.




Pada langkah selanjutnya, kik “The person I want to add doesn’t have an email address” atau bahasa indonesianya “orang yang ingin saya tambahkan tidak memiliki email”




Selanjutnya, microsoft akan membawa anda ke layar pembuatan akun microsoft dengan windows 10. Disini anda tidak usah mengisi form pendaftaran tersebut, karena kita akan membuat account user tanpa menggunakan microsoft account, oleh karena itu kita pilih opsi paling bawah yaitu “add a user without a microsoft account”.



Setelah itu akan muncul form membuat account seperti gambar diatas, isilah form pendaftaran dengan nama pengguna "User" dan kosongkan saja passwordnya.

3. Maka tampilan anda ketika laptop di sleep atau ketika baru dinyalakan terdapa 2 akun,



Jadi Admin ini sebagai pengendali secara keseluruhan windows yang mempunyai kuasa atas seluruhnya, sedangkan User sebagai pengguna yang hanya bisa mengakses apa saja yang diperbolehkan oleh admin.
4. Untuk membatasi akses folder ke User, langkah sebagai berikut :

Masuk sebagai Admin, lalu tentukan folder yang akan di Private





Lalu klik kanan folder tersebut pilih Give access to > pilih Remove access
 Dengan begitu hanya Admin yang bisa mengakses folder tersebut.
Begitulah cara melindungi Privasi anda dari orang-orang yang usil, sekian Tips dan Trik dari saya,
TERIMA KASIH 👏